Saturday, December 31, 2011

Catatan Akhir Tahun

Salam,
Ah, tidak terasa, ini mungkin menjadi postingan terakhir saya di tahun 2011. Tahun 'teraktif' sejak saya membuat blog 2009 lalu. Jadi, apa yang menjadi isi dari momen istimewa ini?

Tidak muluk-muluk, saya hanya ingin mengatakan bahwa tahun ini merupakan salah satu tahun terbaik dalam hidup saya. Ya, bukankah setiap tahun harusnya lebih baik dari tahun sebelumnya? Jadi, semoga tahun depan Allah berikan jalan yang terbaik.

Sunday, December 25, 2011

Mengenang 7 Tahun Gempa dan Tsunami (26 Desember 2004)

"Hari itu pagi kelabu, langit biru mematung lugu
tak ada hujan yang luruh, tiada angin yang menderu
tapi nanggroe ini hancur lebur
guncangan bumi luapkan samudra
melumat daratan

Halaman MRB setelah Tsunami
Entah apa yang terjadi, tak seorang pun bisa pahami.
seketika saja semuanya tercerai berai
saat air hitam menghantam kehidupan,
tiada lagi sanak saudara
biarkan saja mereka sendiri
karena pelukan erat tak lagi berarti
pisahkan anak dari orang tua, suami dari istri,
kekasih dari yang dikasihi

Sementara awan kesedihan menggelayut manja
menggantung pilu
payungi bumi
yang kini berduka."


Ah, ini hanya secuil kenangan yang bisa kuutarakan. Tentang bumi yang bergejolak marah, dan laut yang menelan daratan. Sebait kisah yang kusimpan rapi dalam memori, selama ini.

Friday, December 23, 2011

Sigeunda Tinta Ikutan GA

Yup, sesuai dengan judulnya. Postingan kali ini bertujuan untuk mengikuti sebuah Give Away (GA) yang diadakan oleh sahabat blogger Man and the Moon dan Sang Cerpenis. Tema GA-nya adalah: Ayo Ngakak Sejenak. :D

Nah, ini foto ngakak si Khaira:
(Eh, ini beneran ngakak kan?)

Monday, December 19, 2011

My Collage Project

Me and my work ^_^
I just wanna talk about my college assignment. No, no, it's not that boring. For me, this class is the most enjoyable class this semester. The teacher, my friends, and I have done many different activities in the course named Communication Management.
Jonthon, the teacher, has asked us to write an essay about ourselves, to list the things we love and hate, to edit some passage, to make resume and cover letter, to have word strip, and so on. (Sounded like a lot of works, huh?) The (final) assignment I want to share now is something called 'collage' presentation. We had to create poster about ourselves and present it in front of the class. (We did it today, Dec 19  ^_^)

Wednesday, December 14, 2011

Pameran Buku Pustaka Wilayah

Ada bazar buku diskon lagi! Whehe... senangnya saya. Kali ini mengambil tempat di halaman pustaka wilayah Aceh yang berlokasi di jalan T. Nyak Arief, Lamnyong. Ada belasan stand yang terdiri dari toko buku dan penerbit. Seluruhnya memberikan diskon besar-besaran. Koleksi bukunya pun tidak sedikit. 

Saturday, December 10, 2011

ATJEH COMTECH 2011

Wuih... pameran lagi..
Hoho... seperti biasa, setiap ada pameran saya selalu menyempatkan diri untuk hadir. Sekedar window shopping, kali aja ada yang menarik.

Seperti kali ini, pameran komputer yang bernama Atjeh Comtech 2011 kembali digelar di AAC Dayan Dawood. Agenda ini berlangsung dari tanggal 8 hingga 12 Desember. Ancang-ancang saya kali ini adalah mencari (baca: membeli) hard disk external (HDD). Tujuannya sangat mulia, yaitu guna mengakomodasi (apa sih ini? Menyimpan maksudnya...) koleksi film yang hampir memenuhi hard disk laptop.

Tuesday, December 6, 2011

Dokter Ganteng Itu... Siapakah Namanya?


Beberapa hari ini saya berada di rumah sakit. Menemani ibu yang dirawat inap karena kecelakaan. Ceritanya, hari rabu tanggl 30 November siang, ibu hendak menjemput adik di sekolah dengan mengendarai sepeda motor. Namun malang tak dapat ditolak. Di perjalanan, sepeda motor ibu bersenggolan dengan sebuah truk yang menyebabkan beliau terjatuh dan setengah motornya hancur. Beruntung sang pengemudi truk tidak melarikan diri. Ia segera membawa ibu ke puskesmas Indrapuri.

Karena pendarahan dari mulut ibu tidak kunjung berhenti, keluarga berinisiatif membawanya ke Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Di IGD, ibu kembali diperiksa dan di-rontgen. Nyatanya gusi ibu perlu dijahit. Pun ada pengumpulan darah beku di sinusnya akibat benturan. Karena merasa pusing terus menerus, ibu dialihkan dari bagian bedah ke saraf.

Sunday, November 27, 2011

1 Muharram 1433 H

SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH! SEMOGA TAHUN INI LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ^_^


Tadi pagi ada pawai di kecamatan, saya nak bagi beberapa gambar saja :)


Pawai...

Friday, November 25, 2011

Filosofi "entah" (Catatan di kala bingung)

(Kenapa pula gambarnya ini? Bingung saya)
Hari ini saya mengawas ujian RSBI Bhs. Inggris di sekolah tempat saya mengabdi selama beberapa hari lagi. Kondisi saya sedang kurang fit, siswanya tidak saya kenal, dan sepertinya agak susah diawasi. Karenanya, saya tak berminat melakukan pendekatan terhadap mereka. Hanya duduk diam, tenang, dan bingung di meja guru. Sambil memerhatikan kesibukan para siswa. Aduh, cerita apa sih ini?

Cuaca hari ini aneh. Sebenarnya sejak kemarin. Angin bertiup sangat kencang tetapi hawanya panas menyengat. Pagi tadi langit sudah terselimuti awan gelap. Angin tetap berhembus kencang. Udara terasa sangat gerah. Saya pun kurang bersemangat.

Saturday, November 19, 2011

GREAT TEACHER ONIZUKA THE MOVIE (1999)

Genre: Drama, Comedy
Cast : Takashi Sorimachi, Norika Fujiwara, Rena Tanaka

I’ve just watched an old Japanese movie. The movie is based on manga and anime with the same title. The story is about a teacher who is mistaken as a criminal by a journalist because his wallet was found in the crime location.  Eikichi Onizuka, the teacher, comes to a town known as Canadian village. He is asked to teach in a high school with the problematic students. There are pupils who like bullying others and a girl who intends suicide. Beyond his knowledge, the journalist chases him to the town in order to have a big scoop for her paper.

Thursday, November 17, 2011

わたし の 日本語 くらぶ



Assalamu’alaikum, apa kabar?

Hari ini saya cukup lelah. Baru tiba di kosan sekitar jam delapan malam setelah berada di luar sejak jam setengah delapan pagi. Berangkat ke sekolah untuk menunaikan tugas sebagai guru PPL, saya mengajar empat jam pelajaran.  Siangnya menuju kampus tercinta untuk kuliah CCU –Cross Cultural Understanding. Dua orang teman saya mempresentasikan tentang China dan Swedia. Cukup menarik.

Friday, November 11, 2011

November Rain


Kayak judul lagunya Guns ‘N Roses ya?
Whehe… tapi ga ada hubungannya dengan lagu itu. Kebetulan aja ini November dan sekarang sedang hujan. Jadilah, November rain…

Oke, cukup bahas judulnya. Mari kita masuk ke inti dari postingan kali ini.
Sebenarnya saya cuma ikut-ikutan nge-post tentang hujan, seperti yang sudah banyak sahabat blogger lakukan. Tapi ya… tentu saja postingannya sesuai dengan isi kepala saya. Hadeuw… kapan mulai masuk ke isinya sih??

Friday, November 4, 2011

Detective Conan: Challenge to Kudo Shinichi (2011)


Meitantei Conan
Title: Kudo Shinichi e no Chosenjo ( 工藤新一への挑戦状 )
Cast: Mizobata Junpei, Kutsuna Shiori, Jinnai Takanori 

A TV Series about the famous comical detective figure: Kudo Shinichi a.k.a. Edogawa Conan.

The story takes time days before Kudo Shinichi meet strangers in black and become Conan Edogawa. Shinichi is well known as a great detective of Senior High and have already solved countless cases. 

One day, Shinichi, along with Ran and Kogoro, was trapped in a mysterious and sophisticated white room. They are confused until he finds out it is another case he should solve. The criminal, who admit himself as a fan of Shinichi, wants him to recall cases he has solved. He is given clue and date on which the cases happened. To unlock the next room, Shinichi has to input keyword from each case.

Tuesday, November 1, 2011

PESTA BUKU ACEH 2011

Bertempat di Gedung Sosial Jln. Tgk. Chiek Ditiro, Banda Aceh. Pesta buku ini dimulai sejak tanggal 29 Oktober dan berakhir tanggal 03 November mendatang. Selain diikuti oleh penerbit-penerbit besar seperti Gramedia, Erlangga, dan Mizan toko buku-toko buku Aceh juga ikut menyemarakkannya. Selain itu, perhelatan kali ini juga bekerja sama dengan FLP Wilayah Aceh yang turut mengadakan beberapa agenda.  

Sunday, October 30, 2011

Demokrasi Dimulai dari Sini

Sabtu 29 Oktober 2011 adalah hari yang (mungkin) bersejarah bagi siswa-siswi SMPN 6 Banda Aceh. Betapa tidak, itu adalah hari puncak rangkaian pesta demokrasi yang telah berlangsung selama seminggu: pemilihan ketua OSIS. 

Wednesday, October 26, 2011

THE RON CLARK STORY (2006)


Title: The Ron Clark Story (The Triumph)
Director: Randa Haines
Starring: Matthew Perry, Judith Buchan, Griffin Cork
Genre: Biographical Drama

Here is a 2006 movie again. I watched it months ago and suddenly remember I have written the –let’s just say- review of it.

The Ron Clark Story is a movie based on true experience of an American teacher, Ron Clark (the founder of The Ron Clark Academy). Clark is a middle-school teacher, who deals mostly with the problematic students. He had succeeded teaching in a reputable school before moving to New York. 

High and Lifted Up

By Mike Krath (retold by Khairatun Hisan)
Reading Comprehension – retelling story
Original version is here.
 
That was a windy day. It’s so damn windy that when Mrs. Pennington wanted to thank the postman who gave her the letter, the door accidentally closed by the wind. Mrs. Pennington’s little son, Tommy, was seeing the window’s shutter opened and closed. Then he asked her mom if he could go out.

Tommy ran out the door with her mom’s warning to be careful. Outside the house were the leaves of many trees flying every where. The little boy was wondering if he could be a leaf, it would be so amazing flying up there.

Thursday, October 20, 2011

AKEELAH AND THE BEE (2006)



Title: Akeelah and the Bee
Director: Doug Atchison
Genre: Drama


Kenapa baru sekarang saya post film tahun 2006? Jawabannya karena saya baru nonton :D 

Haree genee ga tau Akeelah and the Bee? Kemana aja?

Well, saya ga kemana-mana, kok, makanya ga tau. Hehe…

Oke, berhubung sekarang saya sudah tau, jadi mau saya ulas sedikit. Ga apa-apa kalau anda sudah lama kenal film ini. Biarkan saja saya yang sedang tersepona menuliskannya.

Tuesday, October 18, 2011

IBUKU adalah... HIDUPKU

Judul: Ibuku Adalah...
Penulis: Jazim Naira Chand, dkk.
Penerbit: LeutikaPrio
Tebal: 136 Halaman
Cetakan I, Februari 2011

Sebuah rangkaian kata mengisah kasih bunda. Diukir ananda yang telah dibesarkan dengan cinta. Sebagai kado sederhana bagi mereka yang melahirkannya.

Selayak judulnya, buku ini berisi kumpulan hikayat kesan cinta sang anak akan ibu mereka. Dituturkan oleh puluhan penulis dengan latar belakang beraneka macam namun seragam dalam tujuan: memaknai jasa bunda.

Monday, October 17, 2011

Hana Judul

Here comes THE WORST day of the season. Hopefully there won't be another WORSE than today.

Memanglah, suasana hari amat dipengaruhi oleh bagaimana kita mengawali pagi.
Rutinitas saya berjalan lancar: bangun pagi, shalat Subuh, menge-print tugas, serta segala ritual persiapan ke sekolah, minus sarapan. Sebagaimana adanya pula saya berkendara sejauh 23 kilometer ke kota. Setengah jam cukup. 

Sunday, October 16, 2011

The Culture of Thailand

A Cross-Cultural Understanding Assignment
(If you find inaccurate info in this article, feel free to tell me.) 

PROFILE


Name: Thailand (ประเทศไทย), officially the Kingdom of  Thailand, formerly known as Siam.
Capital: Bangkok
Ethnic Make-up: Thai, Chinese, other
Religions: Buddhism, Muslim, Christianity, Hinduism, other
Government: constitutional monarchy.
King: Bhumibol Adulyadej

The name "Thailand" is associated with the dominant ethnic group, Thai. Thailand was never under European colonial rule. It was an absolute monarchy until 1932, when it became a constitutional monarchy. In 1939 the country's name was changed from Siam to Thailand.

Saturday, October 15, 2011

Seminar proposal… akhirnya… ^_^

Lama ga update. Saya sedang disok sibukkan oleh tugas sebagai guru praktikan di sebuah sekolah RSBI di kota saya. Dan dalam jangka waktu yang agak panjang itu, saya telah menghasilkan sedikit kemajuan.
 
Yup, satu tahap telah terlewati. Masih sangat banyak tahap lainnya juga untuk menjadi sarjana, hehe… masih lama juga.

Rabu, 12 Oktober 2011 merupakan hari diadakannya seminar untuk judul skripsi yang akan ditulis oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan TEN, fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Saya beserta kawan-kawan –yang punya cita-cita menamatkan kuliah dalam waktu delapan semester- tentu saja turut berpartisipasi.

Sunday, October 2, 2011

APEL TAHUNAN DAN PELEPASAN JAMAAH HAJI


Kali ini aku ingin bercerita sedikit. Singkat saja. Tentang dua agenda yang kuhadiri hari ini; 2 Oktober 2011.

Saturday, September 24, 2011

A LETTER FOR KHAIRATUN HISAN


Assalamu’alaikum…

Dear Khaira,
September 24 1990 – September 24 2011
21 years, huh?
Such a long journey you made.
I just want to ask,
‘What have you done all these years?
Have you repented for the uncounted sins?
Have you apologized for the spread mistakes?
And the most urgent is, have you prepared to leave this world, someday?’


Thursday, September 22, 2011

WHAT A TERRIFIC NIGHT IT WAS!

It wasn't a nightmare, it really happened.


Cuma sedang ingin berbagi cerita.


Apa yang terlintas di pikiran Anda jika tinggal di sebuah rumah yang berlokasi di sekitar areal persawahan? Udaranya sejuk, pemandangan yang memanjakan mata, angin sepoi-sepoi, dan sebagainya. Tepat sekali! Tapi pernahkah Anda terpikirkan akan dikunjungi makhluk-makhluk penunggu tanah basah tersebut?

Tuesday, September 20, 2011

SECANGKIR KOPI UNTUK RELAWAN


Judul   : Secangkir Kopi untuk Relawan
Penulis: Mohammad Al Azhir
Penerbit: Semesta (kelompok Pro U Media)
Cetakan I Desember 2010
Tebal: 269 halaman

Kopi itu terasa pahit. Namun sangat nikmat ketika telah masuk ke dalam tubuh. Ini kopi ternikmat yang aku minum. Bedanya, sebelumnya aku biasa minum kopi di kedai, sekarang aku meminumnya di sarang GAM.

Aceh,  26 Desember 2004. Tanoh yang selalu didera konflik ini berada di puncak nestapa. Gempa dan tsunami telah meluluh-lantakkan apa yang ada, termasuk manusia yang mendiaminya. Semua mata seketika tertuju ke wilayah paling barat Indonesia. Bencana internasional ini menyedot uluran tangan dari seluruh penjuru dunia.

Adalah Wahid Nugroho, seorang mahasiswa tingkat akhir Fisipol UGM yang juga aktivis tiba di Aceh pada awal Januari sebagai relawan. Bersama dengan teman-temannya yang tergabung dalam KKIA dan LSM lain, Wahid mengevakuasi jenazah, mendistribusikan sembako, juga mendata pengungsi. Ia tidak hanya menemukan tubuh dan jiwa yang remuk oleh bencana. Lebih dari itu, masyarakat Aceh sudah lebih dulu menderita oleh perang yang berkepanjangan. Sesuatu yang juga ingin ia teliti untuk tugas akhirnya sebagai mahasiswa.

Monday, September 19, 2011

MY EM DUA KA QI JOURNEY (PART III)


Assalamu’alaikum…

Kembali lagi kita dalam cerita M2KQ edisi ketiga.

Lama sekali jedanya dari part II, aku minta maaf kepada pembaca setia perjalanan M2KQ si Khaira atas ketidaknyamanan ini (beuh… macam ada aja pembaca setianya ;)) Kali ini perjalanannya udah jauh, ga Cuma kawasan Aceh Besar- Banda Aceh tapi ke Tamiang. Wow! Di mana itu?

Sedikit tentang daerah ini, Aceh Tamiang adalah kabupaten yang baru berusia 9 tahun. Terletak di wilayah timur Aceh dan merupakan pecahan dari Aceh Timur. Tahun 2011 Tamiang menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan MTQ Aceh ke XXX.

Thursday, September 15, 2011

SHAOLIN (2011) THE MOVIE

This is the kind of movie I like most, a Mandarin action a.k.a. Kung Fu.       

                  
Title: Shaolin (Xin Shao Lin Si)
Director: Benny Chan
Starring: Andy Lau, Nicolas Tse, Bingbing Fan, Jackie Chan
Genre: Action Drama
                                                                                                               
It is the epic contains betrayal and redemption.

The story takes time during the warlord era of the early Republican China. The authorities, especially the generals, of a region afforded to expand their power by conquering neighboring land. Hou Jie (Andy Lau) was an arrogant warlord who quite successful in the battlefield. He even killed the enemy who had surrendered in the Shaolin temple.

Thursday, August 25, 2011

CONTEMPLATING...

e
Seiring manusia tumbuh dewasa, semakin banyak hal baru yang kita pahami. Sehingga terkadang saat mereview ulang apa yang pernah terjadi, kita akan tertawa geli maupun tercengang heran, sambil berpikir, "Bagaimana bisa aku melakukan hal konyol seperti itu?"

Dan aku mengalaminya, sering kali...

Wednesday, August 24, 2011

CERITA RAMADHAN HARI KE-24


Tak terasa, Ramadhan sudah hampir usai. Rasanya belum ada sedikitpun amal yang bisa dibanggakan. Semuanya masih morat-marit. Sangatlah besar harapan pada beberapa hari lagi yang tersisa. Semoga bisa tercapai apa yang telah kutargetkan di awal.

Hari ini, setelah beberapa kali sebelumnya ikut buka puasa bersama teman-teman, tiba waktunya untuk berkumpul bersama keluarga besar. Kakek dan nenek mengadakan buka puasa bersama anak cucu di kediaman mereka. Kami pun menjadi seksi konsumsi, alias masak-memasak.

CRAZY LITTLE THING CALLED LOVE (THAI 2010)

Wow, it’s a Thai again!

Title: Crazy Little Thing Called Love สิ่งเล็กๆ ที่เรียกว่า...รัก
Director: Putthiphong Promsakha na Sakon Nakhon and Wasin Pokpong
Cast: Mario Maurer, Pimchanok Leuwisedpaiboon, Sudarat Butrprom, Acharanat Ariyaritwikol
Genre: Romantic Comedy

This is another rom-com movie I recently watched. It has been a year since it was released in Thailand, August 2010. The movie is about the ordinary love story that almost everyone experienced it.

There is Nam (Pimchanok Leuwisedpaiboon), a 14 years old girl who falls in love for the first time with her senior Shone/Chon (Mario Maurer). Nam is a truly ordinary girl with standard face and intelligence. On the other hand, Shone is the popular student that admired by most girls in the school. He’s handsome, kind, nice, and humble. The guy is the perfect prince charming.


Monday, August 22, 2011

SUCKSEED [THAI 2011] THE TRUE FRIENDSHIP

Hello, Friend! This is the new label in my blog and the first entry is about SuckSeed, the movie I just watched.


Title: SuckSeed ห่วยขั้นเทพ
Director: Chayanop Boonprakob
Cast:
Jirayu La-ongmanee, Natcha Nuanjam, Pashorn Jiratiwat, Thawat Pornrattanaprasert
Genre: Romantic Comedy

SuckSeed is a Thai movie released in March 2011 starring Kao Jirayu La-ongmanee (Ped), Natcha Nuanjam (Earn), Pashorn Jiratiwat (Koong), and Thawat Pornrattanaprasert (Ex). Ped is a book worm and regarded as a looser by his fellows, was first introduced to music by Earn in the Elementary school. He has been in love with the girl since then. Koong is an easy-going boy who always in conflict with his twin, Kay, who quite successful. When Earn left for Bangkok, Ped and Koong remained best friends.

Friday, August 19, 2011

CERITA RAMADHAN HARI KE-18


Sudah penghujung fase kedua Ramadhan. Lama juga aku tidak bercerita. Itu karena pulsa modemku habis. Alasan saja sih. Sebenarnya aku kembali terjangkit penyakit malas.

Oke, ada yang istimewa di hari ini. Aku sudah kembali mengisi ulang pulsa tentunya. Tapi ada hal lain yang lebih menarik.

Sunday, August 7, 2011

CERITA RAMADHAN HARI KE - 7


Alhamdulillah... tak terasa seminggu sudah tamu agung ini bersama kita. Selama tujuh hari terdapat banyak perubahan pada rutinitas sehari-hari. Yang paling jelas tentu saja kebersamaan waktu sahur dan berbuka.
Sampai hari ini, matahari masih saja bersinar garang di atas sana. Layaknya menguji keimanan orang yang berpuasa. Menjelang sore, udara menjadi lebih sejuk dan semakin menambah nikmatnya berbuka saat azan tiba.

Tuesday, August 2, 2011

CERITA RAMADHAN HARI KE-1

Ramadhan Kareem...

Ramadhan tiba! Seluruh umat Muslim di delapan penjuru mata angin menyambut kedatangannya dengan gembira. Persiapan maksimal dilakukan demi menjamu tamu agung ini.

Hal yang sama terjadi di kampungku. Malam pertama bulan suci ini ditandai dengan bertambahnya jumlah jamaah shalat magrib di meunasah. Lantas, berduyun-duyun masyarakat mendatangi masjid untuk menunaikan shalat Insya diikuti dengan tarawih berjamaah. Tarawih merupakan shalat sunat yang hanya dilakukan pada malam-malam bulan Ramadhan. Hanya satu bulan dalam setahun. Maka merugilah orang yang tidak melaksanakannya. Belum tentu ia akan berjumpa dengan malam Ramadhan tahun depan.

THE STORY OF MEUGANG

Selamat hari meugang! (Nah, lho, apa itu?)

Masyarakat Aceh tentunya tidak ada yang tidak tahu apa itu meugang. Namun bagi orang luar Aceh, bisa jadi kata ini asing terdengar. Baiklah, meugang itu adalah hari makan daging sedunia! Hehehe... Nggak ding. Meugang adalah hari menjelang Ramadhan dan hari raya Islam yang ditandai dengan panennya para pedagang daging. Hampir seluruh masyarakat, kecuali mereka yang tidak mampu, membeli daging sapi atau kerbau untuk diolah menjadi masakan pada hari itu. Keadaan ini mungkin tidak dapat ditemukan di daerah lain. Seluruh tanah yang terhampar dapat disulap menjadi pasar daging dadakan. Baik di kebun, pinggir jalan, apalagi di pasar.

Foto di bawah ini menunjukkan bagaimana padatnya pasar daging ketika meugang.


MAK MEUGANG

Kurang seminggu lagi Ramadhan tiba. Seluruh umat muslim di seluruh dunia gembira menyambutnya. Demikian pula Mak Zainab. Perempuan sepuh berumur 70-an ini begitu senang saat Cut Kak Maneh, tetangga samping rumahnya yang sangat perhatian padanya mengabari hal ini. Bulan Ramadhan akan tiba enam hari lagi.
Kita akan berbicara banyak tentang Mak Zainab. Perempuan yang sudah pantas disebut nenek ini sebenarnya tidak hidup sendiri. Suaminya memang sudah lama meninggal dan beberapa anaknya mengadu nasib di luar daerah. Tapi dia masih mempunyai seorang anak laki-laki yang tinggal bersamanya di gubuk reyot mereka. Yaitu rumah panggung yang tidak begitu tinggi dengan atap rumbia dan dinding dari anyaman bambu. Namun yang disayangkan para tetangga akan Amin, Si Bungsu yang sudah berusia 27 tahun ini, adalah ketidakpedulian Amin pada Mak Zainab, ibunya. Seharusnya ia bisa menjadi tempat bersandar bagi ibunya yang sudah tua. Tapi jangankan membantu, pulang ke rumah saja ia watee leumak kuah, alias seenak hati.

Tuesday, July 26, 2011

RENUNGAN DI SUATU SORE


Sore ini aku kembali duduk sendiri menghadap jendela. Menatap kosong ke dunia luar sana. Semua masih sama seperti kemarin. Tak ada yang berubah. 

Sekilas yang nampak dari tempatku duduk saat ini hanyalah sisi samping rumah tetangga: dinding rapuh yang terangkai dari pelepah rumbia dan papan serta atapnya yang terbuat dari seng dan anyaman daun rumbia. Di kejauhan sana menjulang puncak pohon mangga yang hampir dikuasai benalu dengan tinggi – berdasarkan perhitungan kasarku –  mencapai dua belasan meter. Ya… Itulah pemandangan jarak dekat yang disuguhkan oleh jendela berukuran 1 x 2 meter ini.

Di langit abu-abu sana, beberapa burung walet pencinta hujan terbang berkejar-kejaran. Mereka melayang ringan dan sesekali menukik tajam untuk kemudian melesat lagi. Girang mungkin. Karena mengira mendung yang telah pekat menggayuti langit akan segera melahirkan tetes-tetes hujan. Aku hanya tersenyum memerhatikan. Andai saja aku juga bisa terbang bebas dengan sayap sendiri. Ah, itu memang tidak mungkin. Bukan kuasa itu yang dianugerahkan kepada manusia, melainkan akal dengan kemampuan hebat.  Sehingga dapat menciptakan alat yang bisa menerbangkan dirinya. Satu kesadaran hadir di sore ini: manusia seringkali tidak puas dan itu membuat mereka sedikit sekali bersyukur.

MY EM DUA KA QI JOURNEY (PART II)


Assalamu’alaikum...

Selamat pagi, selamat menikmati hari, selamat mewujudkan mimpi serta selamat mensyukuri karunia Ilahi.. :)

Terima kasih sudah mampir dan menyempatkan diri mengunjungi dunia sunyi ini. (Maaf, agak berbasa-basi, sedang merangkai kata dalam imaji)

OK, thank you for being with me in the first part of my em dua ka qi journey. Let’s  continue our journey by Basmalah.

Setengah tahun setelah  MTQ Aceh Besar, tepatnya February 2011 saat aku sedang mengurus KRS di IAIN Ar-Raniry, my beloved mom phoned me. Ada surat panggilan TC, katanya. Aku santai saja. Toh, sebelumnya sudah dua kali ikut TC untuk provinsi tapi tak terpilih juga. Jadi tak terlalu berharap. Paling tidak, dana transportnya cukup untuk photo copy bahan kuliah, pikirku senang :)

Friday, July 22, 2011

RISALAH RASA

Namun bagaimana menyelami bahagia
saat yang lain mereguk duka?
Sebab hikayat bukanlah kata yang
tertera
Dan nyawa-nyawa tetap hadir
dan alpa
Mengecap dunia.

MY EM DUA KA QI JOURNEY (PART I)

“Khaira, bisa ikot MTQ tahun ini?”
“Wah... bidang apa, Bu?”
“Ada cabang baru...em dua ka qi...”
“Em dua ka qi? Apa itu?”
“Ibu juga kurang tau...”

Percakapan tersebut terjadi satu setengah tahun lalu. Bu Zahida, pengurus LPTQ kecamatan Indrapuri menghubungiku via handphone, menanyakan kesediaanku untuk kembali berpartisipasi mewakili Indrapuri pada MTQ kabupaten Aceh Besar. Kala itu, peserta untuk cabang lainnya sudah terjaring melalui MTQ tingkat kecamatan. Tinggal M2KQ yang masih kosong. 

Tuesday, July 19, 2011

PINTU SURGA TERBUKA DI PALESTINA


Judul            : The Gate of Heaven
Penulis         : R.h. Fitriadi
Penerbit       : Semesta (kelompok Pro-U Media)
Tebal           : 479 halaman

200 unit roket Al Qassam diluncurkan serentak menuju jantung kota Tel Aviv. Ledakannya membuyarkan keheningan subuh. Segera setelahnya, penduduk Israel merasakan ketakutan yang sama dengan yang dirasakan masyarakat Palestina sejak pertama kalinya Zionis merebut tanah Palestina. Yahudi Israel pun menjadi geram. Selama ini pihak HAMAS tidak pernah dapat mencapai jantung pemerintahan Israel. Namun serangan kali ini menyentak kesombongan mereka.

Monday, July 18, 2011

DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN

Judul          : Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
Penulis       : Tere-Liye
Penerbit     : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal          : 256 halaman

Sebelum ini, saya sudah membaca buku Tere-Liye lainnnya yaitu Rembulan Tenggelam di Wajahmu dan Hafalan Shalat Delisa. Berbeda dengan dua novel tersebut yang menceritakan tentang makna kehidupan, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin menyuguhkan cerita cinta tak sampai. Seorang remaja yang mencintai malaikat pelindungnya. Sebuah cinta yang sulit namun mungkin saja disatukan.

Tuesday, July 12, 2011

MIMPI, SUMBER ENERGI DAN INSPIRASI



Judul               : Sang Pemimpi
Penulis             : Andrea Hirata
Penerbit           : Bentang Pustaka (cetakan ke-19 Mei 2008)
Tebal               : 288 halaman

Mimpi. Kata berhuruf lima dan bersuku dua ini merupakan inti dari kehidupan masyarakat Melayu pedalaman. Yang membuat mereka masih bisa berdiri tegak menyongsong hari esok. Setidaknya inilah yang diungkapkan Arai, salah satu tokoh dalam buku ini. Arai yang merupakan sepupu jauh Ikal, tokoh utama, adalah sang pemimpi sejati. Tidak pernah ia merasa putus asa. Baginya, mimpi adalah satu-satunya hiburan dalam hidupnya yang sebatang kara. “Orang seperti kita tidak punya apa-apa kecuali semangat dan mimpi-mimpi. Tanpa mimpi, orang seperti kita akan mati…” Itulah  kata-kata yang membuatnya selalu tegar hingga ia berhasil meraih mimpi yang menjadi sumber energi tersebut.

Thursday, June 2, 2011

ISTANA KEDUA (Surga yang tak Dirindukan)

Review lama yang saya tulis tentang Istana Kedua, novel karya Asma Nadia yang dicetak ulang dengan judul Surga yang tak Dirindukan

Judul    : Istana Kedua
Penulis: Asma Nadia
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan II Oktober 2007
Tebal: 243 halaman

“Siapa dia, Bang?”
“Maksudmu?”
“Perempuan yang dengan bangga menyandang namamu di belakang namanya. Siapa dia?”

Saturday, April 23, 2011

DESPERATE WRITING

Jika memang ada saatnya untuk berhenti berdoa, berharap dan berusaha untuk suatu keadaan,
inikah waktunya?
Di kala kau merasa semuanya pasti tidak dapat terjadi, dan Tuhan seakan belum berkenan menjawab doamu,
karena Ia telah siapkan sesuatu yang lebih baik sebagai pengganti...
Jika memang ada saatnya berhenti, sekarangkah?

Monday, April 11, 2011

KUTOREHKAN TINTA INI UNTUKMU

Kutorehkan tinta ini untukmu
Tentang kita,
Yang kubungkus rapi dalam bingkaian hati
Selama ini

THE WITNESS OF THE NIGHT


The wind blows on the night says hello to the trees
Giving more sensation to the nature
Because of the heart that shone brightly has no more light now

Sunday, April 3, 2011

JIKA

Jika kita tidak benar-benar memiliki,
Mengapa kehilangan itu begitu menyakiti?
Jika kita sebenarnya hanyalah dititipi,
Mengapa sangatlah berat untuk melepasnya kembali?

Friday, April 1, 2011

PETUAH HATI

Jamus Kalimasada - Petuah Hati

Sandarkan lelah hari
Hilangkan duka kala
Kau terluka
Pedih hati

Monday, March 28, 2011

MENGUKIR CINTA DI BELAHAN JIWA

Maidany - Mengukir Cinta di Belahan Jiwa

Bila yang tertulis oleh-Nya engkau yang terpilih untukku
Telah terbuka hati ini menyambut cintamu
Di sini segalanya kan kita mula
Mengukir buaian rindu yang tersimpan dulu
`Tuk menjadi nyata dalam hidup bersama

OPEN YOUR EYES

Maher Zain - Open Your Eyes
Look around yourselves
Can't you see this wonder
Spreaded infront of you
The clouds floating by
The skies are clear and blue
Planets in the orbits
The moon and the sun
Such perfect harmony

INSHA ALLAH

Maher Zain - Insha Allah
Everytime you feel like you cannot go on
You feel so lost
That you're so alone
All you  see is night
And darkness all around
You feel so helpless
You can`t see which way to go
Don`t despair and never lose hope
Cause Allah is always by your side

BUKAN SANG HAKIM

 Maidany - Bukan Sang Hakim
Semalam terasa indah bersamanya
Suasana damai penuh ceria
Saling berbagi kisah kenangan dunia
Namun kini……..

TEACHING WRITING IN VARIOUS TEACHING METHODS


INTRODUCTION

English has four basic skills which are divided into productive and receptive skills. Productive contains speaking and writing while receptive consists of listening and reading. Among those four skills, writing is often considered as the most difficult one to master.  It is easier to speak than to write. People may not think when speaking but surely they will think when wanting to write.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...