Friday, January 7, 2011

MENCURI ILMU SANG ALKEMIS

Judul                : Sang Alkemis
Pengarang       : Paulo Coelho
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama, 2006
Cetakan           : III
Halaman         : 213

“Kalau kau memulai dengan menjanjikan sesuatu yang belum kau miliki, kau akan kehilangan hasratmu untuk berusaha memperolehnya.”


Kalimat di atas diucapkan Melkisedek, seorang yang mengaku Raja Salem kepada si anak lelaki yang hendak mencari harta karun  dalam sebuah novel yang sangat memukau karya Paulo Coelho, Sang Alkemis. Novel ini menceritakan tentang seorang anak gembala yang bermimpi menemukan harta karun terkubur di bawah piramida Mesir. Dari awal ia hendak mengetahui maksud mimpinya tersebut, si anak telah bertemu dengan seorang wanita Gipsi peramal, yang meminta bayaran sepersepuluh dari harta karun yang akan ditemukannya, juga dengan Melkisedek, seorang Raja yang bijak yang meminta bayaran sepersepuluh dari domba yang dimilikinya karena telah berhasil meyakinkan si anak untuk mencari harta karunnya.

Si anak lelaki berusaha mewujudkan impiannya dan perjalanan pun dimulai dari Andalusia, Spanyol. Sepanjang pencariannya si anak lelaki bertemu banyak orang lainnya, pedagang Kristal, pemandu unta, seorang Inggris, seorang Alkemis, dan seorang wanita gurun yang mencuri hatinya: Fatima. Dari mereka semua ia belajar banyak hal. Pedagang Kristal adalah seorang yang mempunyai mimpi melintasi gurun untuk berziarah ke Mekah namun tidak berniat mewujudkannya, “Aku takut kalau impianku menjadi kenyataan, aku tidak punya alasan lagi untuk hidup,” demikian ujar si pedagang Kristal.

Sementara dari pemandu unta si anak belajar untuk tidak merasa takut dan tetap menikmati hidupnya yang sedang dijalani. “Sebab aki tidak hidup di masa lalu ataupun masa depan. Aku hanya tertarik pada saat ini,” terangnya. Rasa takut akan menguap dengan sendirinya begitu  tahu bahwa kisah hidup dan sejarah dunia ditulis oleh tangan yang sama.

Selanjutnya pertemuan dengan Alkemis menghasilkan dialog-dialog sarat makna dalam novel ini. Semuanya adalah hal-hal sederhana yang acapkali dijumpai dalam kehidupan nyata. Bahwa bagaimana mewujudkan impian memang bukanlah hal yang mudah. Seseorang mungkin saja akan kehilangan apa yang dimilikinya dalam mengejar impian. Meskipun begitu, sang Alkemis meyakinkan si anak bahwa, “rasa takut akan penderitaan justru lebih menyiksa daripada penderitaan itu sendiri,” yang dilanjutkannya dengan memberi petuah tentang mendengarkan kata hati.

Berbeda dengan yang lainnya, Fatima mengajarinya tentang cinta. Gadis itu berujar, “Orang dicintai karena dia memang dicintai. Tak perlu ada alasan untuk mencintai.”

Secara keseluruhan, penulis Brazil ini mengungkapkan ceritanya dengan bahasa yang sangat sederhana sehingga pesan-pesannya mudah tersampaikan. Ia berhasil menggambarkan situasi padang pasir dengan sangat detail dan mengisahkan ceritanya dengan tanpa beban. Ia menceritakan perjuangan dan suasana hati si anak dalam mencari harta karunnya, yang menyaratkan sikap gigih dan pantang putus asa, meskipun apa yang dilakukannya terkesan mustahil. Meskipun pada akhirnya si anak benar-benar menemukan harta karunnya, esensi yang ditekankan oleh cerita ini adalah pada proses pencariannya.

Paulo memang terkesan agak menyepelekan peran agama dalam ceritanya ini. Hal ini  terutama tentang bersatunya si anak dengan Fatima yang notebene memiliki agama yang berbeda. Namun karena focus Paulo bukanlah dari segi spiritualitas, kekurangan tersebut tidak terlalu menjadi masalah karena ia telah berhasil menyuguhkan sebuah kisah yang sangat inspiratif.

Intinya, banyak pesan berharga mengenai kehidupan akan didapat dengan membaca buku ini, terutama dalam meraih cita-cita dan impian. Bagaimana seseorang akan berhasil mewujudkan mimpi jika ia benar-benar berusaha mewujudkannya. Bahwa jika kau sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seisi jagat raya akan bersatu padu untuk membantumu. Karenanya, bermimpilah dan wujudkan mimpi-mimpi itu![]
                                           Khairatun Hisan

2 comments:

  1. adakah jasa peminjaman untuk buku itu?hahahahahha

    ReplyDelete

Thanks for calling at ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...