Tuesday, March 22, 2011

MY SISTER'S KEEPER



Judul: My Sister’s Keeper (Penyelamat Kakakku)
Pengarang: Jodi Picoult
Penerbit : PT Gramedia Utama
Cetakan ketujuh November 2009

“Jika kau menggunakan cara yang salah secara moral untuk menyelamatkan hidup anakmu, apakah itu membuatmu menjadi ibu yang buruk?”


Novel ini menceritakan tentang Anna Fidzgerald yang dilahirkan ke dunia ini dengan tujuan untuk menyelamatkan hidup Kate yang menderita Leukimia akut. Ia merupakan anak perempuan yang gennya dirancang sedemikian rupa sehingga identik dengan milik Kate. Dengan demikian ia dapat menjadi donor tetap bagi kakaknya. Karena itulah, sejak lahir Anna sudah mendonorkan darah tali pusarnya untuk Kate.

 Sebagai anak tiga belas tahun Anna mulai mencari jati dirinya. Namun sejauh yang dapat diingat, tidak ada satu momen pun dalam hidupnya yang tidak berhubungan dengan Kate. Dalam usia semuda itu Anna telah menjalani puluhan kali operasi, transfusi, suntikan, dan berbagai tindakan medis lainnya. Ia tidak sakit. Namun setiap kali Kate masuk rumah sakit, praktis Anna akan berada di sana. Ia dibutuhkan sebagai sumber darah, sumsum tulang, sel, dan sekarang, Mom memintanya untuk mendonorkan ginjalnya untuk sang kakak. Anna menolak dan berontak. Ia mempertanyakan keharusannya menyuplai kebutuhan kakaknya.

Ia akhirnya mendatangi kantor seorang pengacara ternama. Ia menuntut orang tuanya akan hak atas kebebasan medis untuk tubuhnya. Gadis kecil itu akan berhadapan dengan orang tuanya di pengadilan keluarga. Sebuah keputusan yang dapat menghancurkan keluarga dan berakibat fatal untuk kakak yang sangat dicintainya.

Novel karya Jodi Picoult ini menceritakan kepada kita apa artinya menjadi orang tua yang baik, saudara yang baik, serta orang yang baik. Dikisahkan dari sudut pandang para tokohnya, alurnya menjadi sangat menarik karena pembaca dapat mengetahui persepsi masing-masing karakter terhadap suatu hal yang sama. Yang paling penting tentunya persepsi Anna, bagaimana ia harus melawan ibunya di pengadilan, yang notebene-nya adalah wanita yang telah melahirkan dan mengasuhnya selama ini.

Jodi mengisahkan para tokoh dengan karakter yang amat kuat dan dengan cara berbeda, yang menjadi ciri khas novel ini. Alur yang susah ditebak membuatnya lebih menarik. Tambahan pula banyak pengetahuan medis –terutama yang berhubungan dengan leukemia-  dapat ditemukan di dalamnya. Overall, novel ini cukup recommended buat yang menyukai cerita yang penuh konflik perasaan dan tentunya mengharukan… ^_^

Khairatun Hisan

No comments:

Post a Comment

Thanks for calling at ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...