Tuesday, August 2, 2011

CERITA RAMADHAN HARI KE-1

Ramadhan Kareem...

Ramadhan tiba! Seluruh umat Muslim di delapan penjuru mata angin menyambut kedatangannya dengan gembira. Persiapan maksimal dilakukan demi menjamu tamu agung ini.

Hal yang sama terjadi di kampungku. Malam pertama bulan suci ini ditandai dengan bertambahnya jumlah jamaah shalat magrib di meunasah. Lantas, berduyun-duyun masyarakat mendatangi masjid untuk menunaikan shalat Insya diikuti dengan tarawih berjamaah. Tarawih merupakan shalat sunat yang hanya dilakukan pada malam-malam bulan Ramadhan. Hanya satu bulan dalam setahun. Maka merugilah orang yang tidak melaksanakannya. Belum tentu ia akan berjumpa dengan malam Ramadhan tahun depan.


Aku sendiri bersama keluarga berjalan kaki ke masjid. Langit terlihat begitu cerah. Seakan ikut merasakan suka cita hamba Allah. Malam pertama shalat tarawih, mesjid kami penuh sesak oleh para jamaah. Saking penuhnya, sebagian makmum harus rela melaksanakan shalat di pekarangan masjid. Ini merupakan antusiasme awal. Tidak semua muslim dapat mempertahankan semangat mereka hingga tiga puluh hari. Biasanya, mulai malam kedua hingga seterusnya masjid akan menjadi semakin longgar dengan berkurangnya jamaah. 

Setelah tarawih, ciri khas malam Ramadhan lainnya adalah semaraknya lingkungan dengan lantunan ayat suci Al Quran yang berasal dari masjid-masjid dan meunasah. Mendengarnya membuat jiwa terasa tenang. Sungguh indah jika setiap malam dalam setahun selalu terdengar bacaan seperti ini. Jujur saja, mendengar tilawah Al Quran sebelum tidur punya efek tersendiri bagiku. Aku merasa lebih tenang dan aman terlindungi. Ini adalah salah satu mukjizat Al Quran, menurutku.

Sahur pertama, kami sekeluarga menyantap nasi dengan lauk seadanya. Nikmat sekali rasanya. Aktivitas siang hari berjalan seperti biasa. Alhamdulillah, Allah masih memberi kesempatan untuk menjalani puasa hingga petang hari. Semoga hari-hari selanjutnya masih bisa penuh. Amin...

Ramadhan adalah hari-hari ketika semua pahala dilipatgandakan. Ini adalah minggu-minggu penuh berkah. Bulan yang menjadi masa paling subur untuk menanamkan amal ibadah. Semoga kita dapat memaksimalkan kesempatan yang telah Allah berikan. Amin... selamat menunaikan ibadah puasa! ^_^

sumber gambar: kuelimika.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...