Sunday, August 7, 2011

CERITA RAMADHAN HARI KE - 7


Alhamdulillah... tak terasa seminggu sudah tamu agung ini bersama kita. Selama tujuh hari terdapat banyak perubahan pada rutinitas sehari-hari. Yang paling jelas tentu saja kebersamaan waktu sahur dan berbuka.
Sampai hari ini, matahari masih saja bersinar garang di atas sana. Layaknya menguji keimanan orang yang berpuasa. Menjelang sore, udara menjadi lebih sejuk dan semakin menambah nikmatnya berbuka saat azan tiba.
Seperti biasa, sahur tadi ibu membangunkan kami sekeluarga setelah segala santapan siap di meja makan. Sembari antri ke kamar mandi, biasanya adik-adikku melanjutkan tidurnya di bangku panjang samping tangga. Menu pagi tadi sederhana: sayur bayam, pecal, serta kikil goreng.
Paginya aku mengantarkan nenek ke tempat urut di desa yang terletak agak jauh dari rumah kami. Yang mengurutnya adalah seorang nenek tua yang ringkih, sebaya dengan nenek buyutku sepertinya. Rumah setengah panggungnya terdiri dari tiga ruangan kecil yang hanya dibatasi sekat tipis. Nenek itu tidaklah kuat. Karena tak sanggup lagi menggosok tubuh pasiennya dengan tangan, ia menggunakan kaki sebagai alatnya. Keampuhan urutan kaki ini tidak jauh berbeda dengan urutan tangan orang lain. Satu hal yang aku salut pada nenek ini, beliau sama sekali tidak berbangga diri atas kesembuhan orang yang diurutnya. Nenek itu selalu berkata: “Allah bree saket, Allah bree puleh (Allah yang memberi sakit, Allah yang memberi kesembuhan)”.
Berhubung panasnya cuaca, aku hanya beristirahat setelah mengantarkan nenek. Menu berbuka kami hari ini adalah kue eungkhui, pisang goreng, serta bakwan. Minumannya adalah cendol pemberian tetangga. Buat yang belum tau, eungkhui itu adalah kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras, gula, garam, serta kunyit sebagai pewarna yang selanjutnya diuleni, ditiriskan tipis-tipis pada daun pisang lalu dikukus. Setelah matang, kukusan tersebut dibaluri dengan kelapa yang telah diberi gula dan sedikit garam.
Nah agenda setelah berbuka tentunya tarawih dan tadarus, dilanjutkan dengan mengetik tulisan ini...
Selamat berpuasa! ^_^

No comments:

Post a Comment

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...