Thursday, November 17, 2011

わたし の 日本語 くらぶ



Assalamu’alaikum, apa kabar?

Hari ini saya cukup lelah. Baru tiba di kosan sekitar jam delapan malam setelah berada di luar sejak jam setengah delapan pagi. Berangkat ke sekolah untuk menunaikan tugas sebagai guru PPL, saya mengajar empat jam pelajaran.  Siangnya menuju kampus tercinta untuk kuliah CCU –Cross Cultural Understanding. Dua orang teman saya mempresentasikan tentang China dan Swedia. Cukup menarik.



Nah, setelah Ashar saya memilki rutinitas lain lagi: mengikuti les bahasa Jepang. Saya sejak dulu sudah tertarik dengan Jepang dan segala budayanya, termasuk bahasa. Jadi, sejak sebulan lalu saya dan beberapa teman belajar Nihon go kepada Mala sensei, teman kami di FLP Aceh yang lama tinggal di negeri Sakura. Seminggu dua kali. Hari ini adalah jadwal ujian.

Hehe, saya bukan tipe orang yang rajin belajar. Jadi begitu pula dengan ujian ini. Karena semalam begadang untuk menyusun RPP, saya ‘tidak sempat’ mengulang pelajaran. Padahal ujian kami menggunakan hiragana yang belum seluruhnya saya hapal bentuknya. Tapi, just do it! ^_^

Alhamdulillah,  saya dapat menyempurnakan sebagian besar kalimat yang membutuhkan partikel. Sekilas tentang bahasa Jepang, strukturnya berkebalikan dengan bahasa Indonesia. Jika dalam B. Indo kita katakan “ Saya mahasiswa Universitas Syiah Kuala” maka dalam bahasa Jepang menjadi “Saya Syiah Kuala Universitas mahasiswa” atau dalam romajinya “Watashi wa Syiah Kuala daigaku no gakusei desu”. Saya sempat sangat bingung awalnya.

Selain itu, bahasa Jepang juga banyak menggunakan partikel dalam kalimatnya. Misalnya, partikel ‘e’ digunakan untuk tempat (as ‘to’ in English = ke), ‘to’ dipakai untuk manusia (dalam artian ‘bersama dengan’), dan ‘de’ untuk benda/alat. Jadi, frasa “Pergi ke Shinjuku dengan KA bawah tanah bersama teman” dalam bahasa Jepang adalah “Tomodachi to chikatetsu de Shinjuku e ikimasu.”

Wah, sekian dulu pelajaran bahasa jepang bersama saya. Kalo ada yang salah jangan ragu untuk kasih tau. Ok, Ok! Hehe… Assalamu’alaikum...

2 comments:

  1. hmm jujur mbak saya salut bagi mereka2 khususnya mbak yg bisa mengerti dan membaca hurup2 kanji jepang itu,,sampai saat ini sy masih blum bisa mendeskripsikannya kok bisa garis2 btg itu bermakna dan di baca

    ReplyDelete
  2. masih belajar ni... baru hiragana.. kanji lebih sulit -_-

    ReplyDelete

Thanks for calling at ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...