Friday, November 25, 2011

Filosofi "entah" (Catatan di kala bingung)

(Kenapa pula gambarnya ini? Bingung saya)
Hari ini saya mengawas ujian RSBI Bhs. Inggris di sekolah tempat saya mengabdi selama beberapa hari lagi. Kondisi saya sedang kurang fit, siswanya tidak saya kenal, dan sepertinya agak susah diawasi. Karenanya, saya tak berminat melakukan pendekatan terhadap mereka. Hanya duduk diam, tenang, dan bingung di meja guru. Sambil memerhatikan kesibukan para siswa. Aduh, cerita apa sih ini?

Cuaca hari ini aneh. Sebenarnya sejak kemarin. Angin bertiup sangat kencang tetapi hawanya panas menyengat. Pagi tadi langit sudah terselimuti awan gelap. Angin tetap berhembus kencang. Udara terasa sangat gerah. Saya pun kurang bersemangat.


Entah. Suatu kata yang terkadang tidak berarti apa-apa. Namun di lain waktu, huruf-huruf tersebut memiliki arti yang sangat dalam. Suatu ketika kata entah hanya digunakan secara 'asal bunyi' yang menunjukkan ketidakpedulian. Di kala lain, entah dapat merepresentasikan ketidakmengertian, kebingungan, kekosongan, bahkan kehampaan. 

Saya sangat sering menggunakan kata ini untuk mengungkapkan ketidakpahaman saya terhadap sesuatu. Bahkan ketika saya merasa kosong, semacam ada beban berat yang menggayuti namun tidak tahu apa tepatnya, saya juga menggambarkannya sebagai entah.

Intinya, bagi saya, entah itu merupakan cerminan dari ketidakjelasan, ketidakpastian, dan ketidakpedulian. Kata ini akan tetap menjadi kata ambigu favorit saya. Mungkin makna yang paling dekat dengan entah adalah kata dalam bahasa Aceh, "hom". Jadi jika anda bertanya kepada saya dan mendapatkan jawaban berupa 'entah', maka, dapat anda pastikan kalau saya sedang bingung.

Nah, filosofi di atas tidak merujuk kepada filsuf manapun. Semuanya murni isi kepala saya yang sedang kebingungan.

4 comments:

  1. waduh.., harus konsen tuh klo mengawas, gmn coba klo ada murid2x yg nyontek.., *smile
    ---
    udah klo lg bingung bangun aja 1/3 malam lalu keluhkan semuax sama Allah

    ReplyDelete
  2. whehe... anak2nya aman terkendali, Insya Allah :)

    Iya, makasih udah ngingatin, udah lama ga bangun tengah malam..

    ReplyDelete
  3. bek katepuk ile kalau ada yang bandel ...!!

    heheheh

    orang tamiang bicara bahasa aceh...

    ReplyDelete
  4. hehehe...
    btw, katepuk itu apa Daniel?

    ReplyDelete

Thanks for calling at ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...