Monday, January 30, 2012

Jejak Islam di Eropa


Judul: 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa
Penulis: Hanum Salsabiela Rais, Rangga Almahendra
Penerbit: Gramedia Pustaka
Tebal: 424 halaman

Beberapa waktu saya hanya melihat buku ini tergeletak di kamar teman saya, Juli, tempat saya menginap selama dua hari. Melihat sampulnya, saya tidak berminat membacanya. Tetapi ketika sekali waktu saya iseng membaca synopsis di  cover belakang buku, saya pun tertarik untuk membukanya.


Dan saya pun tidak kecewa. Isi buku ini memang semenarik sinopsisnya. Penulis bercerita dengan lugas tentang perjalanannya menelusuri jejak Islam di Eropa. Mengenai penyerbuan Kara Mustafa Pasha dari imperium Ottoman yang gagal di pegunungan Wina yang dikisahkan langsung oleh keturunannya Fatma Pasha. Asal usul kopi cappucinno kesukaan saya yang ternyata dibawa tentara Jennisari. Jubah yang dipakai Raja katolik saat penobatannya yang ternyata bersulamkan kalimat Tauhid. Keagungan Mezquita di Cordoba yang dialihfungsikan sebagai gereja.  Bahwa sepulangnya dari penaklukan Mesir, Napoleon membangun beberapa monument yang arahnya menghadap Mekah. Serta masih banyak jejak lainnya yang patut diketahui umat Muslim. Sebuah bukti nyata bahwa Islamlah yang mengeluarkan Eropa dari Masa Kegelapannya.

Saya benar-benar mendapatkan banyak pengetahuan tentang kejayaan Islam di benua biru tersebut dari buku ini. Bahwa Paris tidak sekedar Eiffel, dan Spanyol bukan hanya Santiago Bernabeu dan Camp Nou. Gaya bercerita penulis yang menyerupai reportase perjalanan membuat saya merasa bagaikan ikut bertualang. Tentu saja, efek lainnya adalah semakin menyemangati saya untuk mengejar beasiswa ke benua Eropa dan turut mengunjungi tempat-tempat istimewa warisan kejayaan Islam tersebut. Semoga!

8 comments:

  1. Lia juga ingin ke Eropa :D Pengen cari bukunya deh :)

    ReplyDelete
  2. si empunya (red:juli) sampai sekarang pun blm menyelesaikan bacaanya, sangking terhanyut ma ceritanya..:D nanti kita pigi bareng ya ke eropa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepetan bacanya, biar bisa lanjut baca yg laen, haha..

      Delete
  3. judulnya menarik, waa... pengen tau isinya, ehehee :D
    kapan ke Eropa? jgn lupa ngajak2 :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo kita backpaking rame-rame.. :)

      Delete
  4. Doa Mbak terkabul yah. Ini tulisan 2 tahun yang lalu loh. :)

    ReplyDelete

Thanks for calling at ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...