Saturday, July 21, 2012

カイラ の Cabbage Roll

Ramadhan kareem, みんな-さん!こんばんわ!!! :)

I've just returned from Masjid and remembered about posting an article tonight...

Dalam rangka memperingati hari meugang se-Aceh, hari ini saya mencoba masakan baru, hehe..

Cabbage roll sebenarnya bukanlah resep baru, tapi saya aja yang baru tau. Itupun dari dorama Jepang "Hungry" yang ceritanya tentang restoran Perancis Le Petit Chou (ntar kapan2 saya tulis ulasannya).


Ok, jadi setelah browsing resep ke berbagai situs, akhirnya masakan ini berhasil saya buat hari ini. Link resepnya udah lama ter-bookmark di browser. Cuma belum ada bahan dan waktu. Berhubung, Alhamdulillah, dua hari ini banyak daging sapi di rumah, jadi saya bisa berkreasi.

Well, cabbage roll kali ini adalah kreasi saya. Meskipun resep dasarnya dari situs allrecipes.com nyatanya saya nggak mengikuti bahan dan cara olahnya dengan sempurna. This is my version :)

Bahan:
1gr daging sapi cincang halus, taburi garam dan lada, goreng dengan dua sendok makan minyak
2 butir telur ayam didadar dan potong kecil-kecil
1 buah tomat besar, diparut dan masak dengan sedikit minyak dan garam.
5 lembar daun kol
2 siung bawang merah, cincang halus
Nasi putih secukupnya
Garam dan lada bubuk secukupnya.

Cara:
1. Campur daging, telur, nasi, bawang, serta saos tomat di dalam satu wadah, tambahkan garam dan lada, aduk rata.


2. Panaskan air dalam panci, taburi sedikit garam, lalu rebus daun kol hingga agak layu, tiriskan.

3. Pisahkan adonan ke dalam beberapa bagian. Letakkan setiap bagian di dalam selembar daun kol. Usahakan di tengah-tengah, gulung kol tersebut hingga adonannya tertutupi. Lipat kedua sisi ke dalam dan rapikan. Gunakan lidi atau toothpick untuk merekatkan.


4. Kukus selama lebih kurang setengah jam. Angkat dan sajikan.


Nah, yang membedakan dengan resep aslinya adalah, telur ayamnya tidak digoreng terlebih dahulu namun hanya dikocok sebentar lalu dicampur dengan adonan lainnya. Jadi telur tersebut berfungsi sebagai perekat adonan ketika dikukus. Hanya saja saya nggak suka baunya. Jadi sebagai antisipasi saya goreng aja duluan...

Satunya lagi, di resep digunakan saos tomat yang udah jadi (saos botolan). Kebetulan di rumah tidak ada dan saya malas ke luar, jadi saya ganti dengan tomat segar yang saya parut dan tumis. Alhamdulillah, meski dengan berbagai pelencengan dari resep dasarnya tersebut, cabbage roll buatan saya tetap lezat dan mengenyangkan, hehe...

Selamat berpuasa esok hari!!!

2 comments:

  1. Rajin nyoba2 resep ya, Ra. Keliatannya tapi enak, jadi pengen coba juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... pas lagi rajin aja Lia... :)

      Delete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...