Saturday, November 16, 2013

ASSET TAK BERWUJUD

Asset tak berwujud merupakan hak, keistimewaan, dan manfaat kepemilikan atau pengendalian. Dua karakteristik umum asset tak berwujud adalah ketidakpastian masa manfaat dan tidak adanya wujud fisik.

Akuntansi Asset Tak Berwujud

Asset Tak Berwujud Yang Dapat Diidentifikasi
Identifiable intangible merupakan asset tak berwujud yang dapat diidentifikasi terpisah dan dikaitkan dengan hak tertentu atau keistimewaan selama periode manfaat yang terbatas.

Asset Tak Berwujud Yang Tidak Dapat Diidentifikasi
Unidentifiable intangible merupakan asset yang dapat dikembangkan secara internal atau dibeli namun tidak dapat diidentifikasi dan sering kali memiliki masa manfaat yang tak terhingga.

Amortisasi Asset Tak Berwujud
Saat kapitalisasi biaya asset tak berwujud yang dapat atau tidak daoat diidentifikasi, biaya ini selanjutnya harus diamortisasi sepanjang periode manfaat asset ini. Jangka waktu masa manfaat tergantung dari jenis asset tak berwujud.

Aset Tak Berwujud Dan Kontijensi Yang Tak Tercatat
Pembahasan asset tidak lengkap tanpa membahas asset tak berwujud dan kontijensi yang tak tercatat pada neraca. Salah satu asset penting dalam katagori ini adalah goodwill yang diciptakan secara internal. Dalam praktik, pengeluaran untuk menciptakan goodwill dibebankan saat terjadinya.

5 comments:

  1. Tanya, ya? aset tak berwujud misalnya apa, Chaira? saham atau obligasi ya?

    ReplyDelete
  2. sahm masuk aset tak berwujud ngak kak?

    ReplyDelete
  3. here's my comment. terimakasih telah merangkum Pa Subramanyam dengan sangat lugas. Sangat membantu saya di masa waktu yang sempit untuk membuat Resume presetasi besok. It's a good blog, readers.

    ReplyDelete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...