Sunday, November 10, 2013

The Truth about Sigeunda

Halah judulnya. Jadi, apa ada yang pernah mempertanyakan nama blog ini? Sigeunda adalah... **drumroll** bunga ini!


Saya tidak yakin dari mana tepatnya pertama kali mendengar kata 'sigeunda' ataupun apakah tulisannya benar atau tidak. (Sepertinya dari yahnek atau mak).
Yang saya ingat adalah pantun Aceh:
Leumoh-leumoh sigeunda tanoh, leubeh lom leumoh sigeunda rusa
Badan lon ubiet akai goh punoh, hana lon tu'oh bak peugah haba
(Jangan pertanyakan tulisannya, karena saya tidak yakin benar demikian)

Ketika saya bertanya apa yang dimaksud dengan sigeunda, saya mendapat jawaban bahwa kata tersebut merujuk kepada sejenis tanaman bunga bakung. Jadilah saya mengasosiasikan kata 'sigeunda' dengan bunga seperti foto di atas terlepas benar atau tidak itu namanya. Mungkin saja saya salah dan kata sigeunda tersebut tidak bermakna apa-apa, just a made up word hasil dari ingatan masa kecil saya. Karena ketika saya mengetik kata sigeunda di google, semua link yang muncul mengarah ke blog ini. 

So, if you ask me what sigeunda is, I'll show you the pic above even if the flower isn't the real sigeunda. Whatever. I just love the word and that's all! :)

6 comments:

  1. The flower is much beautiful as what I see here, the pic profile of its writer. hehe

    ReplyDelete
  2. yang penting isi penulisan....salam blogging.

    ReplyDelete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...