Saturday, January 18, 2014

Maulid Rasulullah Muhammad Saw.

Image from Google
"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaratuh. Bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudara sekalian, marilah beramai-ramai kita menghadiri ceramah agama di Meunasah gampong ... dalam rangka memperingati hari maulid nabi Muhammad saw yang akan disampaikan oleh teungku Fulan."

Sore tadi, pengumuman yang berasal dari pengeras suara terdengar sayup-sayup. Makin lama makin dekat dan jelas. Pengumuman tersebut disampaikan secara lisan oleh panitia acara dengan mengendarai mobil yang berkeliling ke gampong-gampong. Ya, metode pengumuman seperti ini masih lazim didapati di daerah kami. Sama seperti pengumuman lainnya, tujuannya tentu saja untuk mengundang massa sebanyak mungkin agar acara tabligh akbar menjadi lebih meriah. 

Sekarang ini bulan rabiul awal, artinya, hampir setiap minggu akan ada gampong yang mengadakan acara peringatan maulid nabi yang biasanya dilanjutkan dengan ceramah agama pada malam harinya. Jumlah massa yang menghadiri ceramah biasanya dipengaruhi oleh teungku yang akan memberikan tausiyah. Jika ia adalah orang terkenal dan ceramahnya baik, kemungkinan besar jamaah yang akan hadir juga banyak. Demikian pula sebaliknya.

Insya Allah gampong kami juga akan mengadakan maulid tahun ini, tapi mungkin masih beberapa bulan lagi.

3 comments:

  1. salam maulidur rasul.. bersama kita berselawat ke atas baginda rasullullah saw.. :D

    ReplyDelete
  2. semoga solawat dan salam selalu tercurah kepada Beliau, Nabi Muhammad SAW..

    ReplyDelete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...