Friday, February 28, 2014

Blogger-Blogger Gam Inong Blogger

Assalamu'alaikum... How are you on this February's last day? Moga selalu dalam lindungan-Nya ya...

Mau ikut jawab 'tantangan' kak Liza buat nulis tentang personil GIB. Meski udah telat dan nggak happening lagi kayaknya. Akibat dikalahkan diskusi mengenai nikah dan mahar, yang dipicu oleh tulisan bang Ariel  Kahhari "[Jangan] Menikah dengan Gadis Aceh" (deuh... judulnya :D). Tapi kan, saya masih kecil, jadi hana that meuphom masalah nyan, haha. Karena itu, saya nulis tentang ini aja.

Nah, buat yang belum tau, Gam Inong Blogger itu adalah sebuah grup facebook yang berisi blogger-blogger Aceh, baik blogger asal Aceh ataupun yang berdomisili di Aceh. Sebelumnya sudah ada beberapa blogger yang membuat tulisan tentang anggota GIB. Termasuk bang Azhar Ilyas dan kak Mira Maisura yang memasukkan saya dalam list mereka. Bahkan dalam tulisan kak Mira, saya termasuk blogger yang jarang muncul di grup. You're so true, Sis. Alasannya karena saya memang jarang aktif di facebook dan selalu segan untuk nimbrung -_-. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih aktif lagi.

Karena jarang aktif itulah, saya tidak terlalu banyak mengenal anggota. Saya pun tidak berani menulis tentang orang yang belum begitu saya kenal. Jadinya, daftar saya ini memuat beberapa blogger yang saya kenal -paling nggak udah pernah bertemu sekali ;)- dan bagaimana sejarahnya saya mengenal mereka. Cekidot...





Saya baru sadar ternyata pemilik blog Seuramo Liza ini adalah orang yang paling lama saya kenal dalam list ini. Entah  kak Liza ingat atau tidak, saya pertama kali berkenalan dengannya pada tahun 2004 di Jantho, saat itu saya kelas 3 SMP dan sedang mengikuti lomba minat baca kategori puisi yang diadakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan kabupaten Aceh Besar. Setelah itu kami kembali bertemu pada MTQ kabupaten di tahun yang sama. Lalu, ketika kuliah, saya mendapati bahwa bu dokter ini adalah kerabat dari teman sekamar saya saat nge-kost. Whehe, dunia sempit ya, Kak! :)
  


Kakak yang satu ini adalah fasilitator saya ketika mengikuti kelas menulis Seuramoe Teumuleh (ST) pada tahun 2007 silam. Sebelum bertemu langsung, saya sudah membaca cerpen beliau dalam buku "Meusyen" yang merupakan juara I dalam lomba menulis Dokarim. Saya sendiri mendapat juara III kategori puisi dalam lomba yang sama (lagi mau pamer, :D). Saya kembali bertemu kak Eky saat mendaftar jadi anggota FLP Aceh. Intinya, beliau adalah salah satu guru menulis saya sejak dulu. Terima kasih, Kak! :)




Kelas menulis di "Seuramoe Teumuleh" juga berjasa memperkenalkan saya dengan anggota yang satu ini. Meski sepertinya belum bisa benar-benar dikatakan kenal sebelum kami sama-sama menjadi mahasiswa dan terdampar di jurusan yang sama di IAIN Ar-Raniry, sekelas pula. Saya dan Ekal tidak sekelas ketika di ST, namun teman-teman saya banyak yang cerita kalau ada cowok mirip Teuku Wisnu di kelas mereka. Jadilah Ekal sebagai seleb-nya ST. Coba perhatikan foto di atas, mirip nggak dengan suami Shireen Sungkar?




Masih atas jasa ST yang mengirim saya dan beberapa teman untuk mengikuti kelas menulis cerpen yang diadakan Lapena pada tahun 2007. Selain dari ST, ada juga beberapa personnel FLP Aceh yang menghadiri kelas tersebut dan dibahas cerpennya, salah satunya diperkenalkan sebagai Ferhat. Ketika tahun 2010 saya mengikuti OR FLP, ketemu lagi dengan abang yang satu ini. Hingga sekarang beliau adalah salah satu tuha peut-nya FLP Aceh dan saya adalah anggota yang sangat pasif, saking jarangnya bisa ikut kegiatan akibat selalu bentrok dengan jadwal ngajar. Maaf ya bang... masih boleh ngaku anggota nggak?




Jika keempat blogger di atas saya kenal lewat dunia nyata, maka kakak yang satu ini kenalnya  lewat dunia maya. Tepatnya melalui grup facebook Blogger of Friendship (Bloof). Kami sempat ketemu sekali saat kopdar di Ayam Lepaaas Lamnyong. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan. Yang jelas kakak ini orangnya ramah lho, saya kan selalu tidak nyaman saat pertama kali jumpa dengan orang asing. Tapi pas kopdar dulu suasananya nggak buat saya rikuh, karena ada kak Meutia selain tiga orang lagi yang semuanya cowok. Selain itu, kakak ini alumni timur tengah lho... :)


Sekian saja tulisan saya mengenai beberapa blogger Aceh ini. Sengaja tidak menulis tentang blog mereka karena saya telah me-link-an nama mereka dengan blog masing-masing. Jadi jika ada yang ingin tahu lebih lanjut dengan blog yang bersangkutan, sila klik namanya.

Thanks for reading.

Assalamu'alaikum...

22 comments:

  1. Samaaaa....semua yang di sini saya kenal lewat dunia nyata kecuali Rahma, hihiii..
    Gara-gara postingan ini, saya jadi bernostalgia nih chaira. I miss you in ST guys. Suwer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whehe... Hampir tujuh tahun ya kak, ga terasa :)

      Delete
  2. Insyaallah kl kk ke bnda kt koodar lg ya..no hpnya msh yg lama kn?

    ReplyDelete
  3. whaaa...kalo yang lomba badan arsip itu kakak ngga ingat chaira, tapi pas MTQ ingat banget. ismul arif kakak juga masih ingat :D terus chaira pernah nulis surat untuk kak febri kan? hehehhe dunia begitu sempit ya dekk... btw kok ngga bisa komen pake name n url ya? setting dong chaira... ini kakak komen pake blog jadul yaa tapi kalo mau blogwalking tetap ke seuramo liza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whehe... Yg di badan arsip tu kan cuma sebentar kak. Iya ya? Pernah nulis surat utk kak Febri, tp skrang udh lost contact dgn beliau :(

      Eh,masa ga bsa kak? Perasaan udh Ra stel utk smua, include open id, kcuali anonym..
      Sebelumnya jg apa yg pake open id kak

      Delete
  4. Hehehhee...jadi g enak :D . Tapi maksudnya baek kok.. biar makin kenal banyak org :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari 5 diatas..cuma kenal langsung sama Liza :D

      Delete
    2. Jeh... Ntah apa pun kk ni, ga apa2 kok kaka, Ra malah senang ada yg ingat, haha

      Itulah... Diusahakan akan sering muncul. Kalo Ra ga kenalnya sama kk :D

      Delete
  5. the messenger. lon hana hii teuku wisnu haa! hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya mau sebut itu juga Kal. Tapi kan, tkut ada pihak yg krg berkenan, haha

      Delete
  6. Wah, keren tulisannya ni Khaira, semangat menulis terus ya, misalnya nulis tentang Piyoh, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bg, insya Allah someday (palagi kalo ada hadiahnya, haha). Belum byk tau ttg Piyoh ni..

      Delete
  7. yeahhh.. masuk list.. hahhahaa terimakasih Chaira.

    ReplyDelete
  8. Isni juga nggak aktif di GIB, lebih kepada segan mungkin. Entah kenapa juga. Hahha :D

    ReplyDelete
  9. wah.. bagus ada group begini ya, mengeratkan silraturrahim sesama blogger.. :D

    ReplyDelete
  10. haha.... nice post Chaira!
    ada Teuku Wisnunya jg yaaa.....

    ReplyDelete
  11. Wah saya ketinggalan berita blogger gam inong
    Saya nyusul deh Moga gak ketinggalan jauh hhh :D

    ReplyDelete

Thanks for calling at ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...