Tuesday, February 25, 2014

Brokoli Saus Asam Manis

Apakah memasak termasuk hobi saya? Pernah ditanya demikian, saya cuma bisa bilang kalau saya hobi bereksperimen di dapur. Entah itu bisa disamakan dengan memasak, haha


Nah, berikut merupakan salah satu hasil percobaan saya. 

Broccoli
Biasanya saus asam manis dipadankan dengan ikan. Namun berhubung saya tidak begitu tertarik dengan hewan air tersebut, kali ini saya mencoba menggantinya dengan sayuran favorit saya, brokoli.  Simple dan siap saji. Rasanya pun tak kalah nikmat kok! :)
 
Jika ada yang ingin mencoba, berikut ini resep ecek-eceknya:


Bahan:

1 (apa sih namanya?) kembang brokoli
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 buah cabe merah
2 buah cabe hijau
1 buah tomat
2 sdm minyak sayur
Saus tomat botol secukupnya
Garam dan merica secukupnya

Cara memasak:

  1. Potong brokoli menurut tangkainya dan rebus dalam air mendidih yang telah dibubuhi garam selama kurang lebih 2 menit, angkat dan tiriskan.
  2. Sementara sayur direbus, rajang halus bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat. Tumis dengan minyak sayur.
  3. Jika tumisan telah layu, tambahkan sedikit air, saus tomat botol, garam serta merica sambil diaduk rata.
  4. Saat tumisan telah mengental, masukkan rebusan brokoli dan aduk agar sausnya melumuri seluruh bagian, matikan api dan hidangkan.
brokoli saus asam manis
Begitu caranya, mudah dan cepat kan?

10 comments:

  1. sayuran brokoli ini banyak manfaat nya buat kesehatan yaa mbak
    thanks mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Banyak khasiatnya.. You're welcome

      Delete
  2. mudah cara penyediaannya dan ternyata berkhasiat juga.. terima kasih share resipi ini khaira.. :D

    ReplyDelete
  3. seru ya, di rumah selain mamak abang ipar saya juga suka masak... saya baru bisa belanja bahan-bahan dapur aja... mau juga lah sekali-kali anak GIB diajak menikmati masakannya (hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... belum bisa dipamerkan setaraf itu :D

      Delete
  4. saya juga sering masak brokoli tapi blm pernah kalau paka saus asam manis, kayanya harus dicobain ni

    ReplyDelete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...