Saturday, December 20, 2014

Insomnia and Oversleeping

Assalamu'alaikum, apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Allah semuanya, aamiin...

Minggu lalu saya sok sibuk mempersiapkan diri untuk ujian, makanya tidak ada postingan yang panjang. Nah, karena ujiannya sudah selesai dan saya hanya bisa berdoa untuk hasilnya, kali ini saya mau cerita lagi. Singkat saja sebenarnya. Terkait gangguan tidur yang tertera pada judul entry kali ini.

Gambar dari painfighter.wordpress.com
Secara umum, saya termasuk orang yang tidak bermasalah dengan pola tidur. Saya selalu bisa tidur nyenyak saat mengantuk dan terbangun pada jam yang normal keesokan harinya. Tapi, sesekali kesiangan juga. Terutama pada waktu tertentu setiap bulannya, haha.

Berbicara tentang insomnia -well, mungkin tidak benar-benar insomnia, hanya gejala tidak bisa tidur biasa- selama hampir dua bulan tinggal di UK saya sudah tiga kali tidak bisa tidur hingga azan subuh berkumandang dari aplikasi prayer time di hape. Pertama kali saya mengalaminya adalah ketika suatu malam saya dan flatmates bermain kniffle/yatzy -sejenis permainan angka dengan menggunakan lima dadu (lebih lanjut bisa dibaca di sini). Permainan berhenti setelah tiga ronde dan saat itu masih pukul sepuluh malam. Saya terbiasa tidur di atas pukul dua belas jadi itu tentu saja tidak jadi masalah. Namun ternyata, saya tidak dapat memejamkan mata hingga subuh.

Saya pun berusaha mengingat jika ada yang salah malam itu. Saya minum kopi setiap hari, dan minuman hitam tersebut tidak berpengaruh terhadap pola tidur. Jadi, bukan si kopi penyebabnya. Lalu saya teringat malam itu saya minum coke. Well, di Aceh saya juga minum coke dan tidak pernah tidak bisa tidur karenanya. Karena penasaran, akhirnya saya meneliti label coke tersebut dan salah satu ingredient-nya adalah caffeine. Hmm... ini bisa jadi penyebabnya.

Meskipun sudah mencurigai Si Coke sebagai penyebabnya, saya tetap mencoba lagi. Hanya saja kali ini waktunya agak kurang tepat: malam sebelum ujian. Benar saja, saya kembali tidak bisa tidur hingga azan dan baru bisa lelap setelah shalat subuh. Sialnya, sekitar tiga puluh menit kemudian saya terbangun lagi oleh bunyi yang super bising: fire alarm. Jadilah kami semua harus turun dan keluar dari flat dalam keadaan setengah sadar untuk selanjutnya diguyur hujan gerimis. Tidak ada kebakaran. Yang ada hanyalah salah satu penghuni flat bawah yang kurang kerjaan dan mungkin berencana membuat sensasi untuk membangunkan seluruh penghuni dengan cara merokok di dalam kamar yang jelas-jelas terdapat notice NO SMOKING. Oke, kalimat tadi agak panjang, jangan lupa tarik napas. Akhirnya hari itu saya mengisi lembar jawaban ujian dengan perut yang kukuruyuk karena lapar dan mata yang susah untuk terbuka lebar gara-gara mengantuk.

Setelah dua kali mencoba saya jadi yakin memang coke-lah penyebabnya. Tapi tetap saja, semalam saya minum lagi, haha. Kali ini diet coke. Efeknya tidak sekuat yang biasa, jadi saya tetap bisa tidur sekitar satu jam sebelum subuh :D

Namun akibat lainnya, karena saya tidak boleh tidur lagi setelah subuh kalau tidak ingin telat untuk appointment dengan nurse (walaupun yeah, akhirnya telat juga gara-gara jalan kaki), saya jadi luar biasa mengantuk seharian ini. Setelah selesai shalat asar, memasak dan makan siang, saya berinisiatif tidur sejenak sambil menunggu waktu magrib. Biasanya kalau tidur jam tiga saya bisa bangun jam lima. Jadi masih ada waktu untuk shalat magrib. Tapi tadi, ketika akhirnya saya tersadar dari mimpi mengejar bus, jam digital di hape menunjukkan angka 6:00, waktu isya sudah dimulai lima menit sebelumnya. Jadilah saya terpaksa men-jama'takhir-kan shalat magrib ke isya gara-gara oversleeping.

Sepertinya lain kali saya akan berusaha untuk tidak lagi minum coke malam-malam (yet I can't promise that, hehe). Atau minimal tidak tidur siang di antara waktu shalat. Cukup sekali aja jama' shalat gara-gara ketiduran. Alasannya sama sekali tidak keren.

Oke, ceritanya selesai. Saya mau makan malam dulu. Till next post!

Wassalamu'alaikum.

14 comments:

  1. Salam siang yang cerah di Kota Subang Jawa Barat. Semoga Kakak Khaira di Kota Atjeh sana sama cerah nya ya Kak amin :) simak dan baca dulu Kak post nya sepertinya bisa menambah imazinasi pengetahuan saya tentang pendidikan dan penting istirahat yang cukup dan baik :) salam sejahtera :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. whehe.. selamat malam juga... terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Kalau saya jarang sekali tidur di sore hari. Kalau sudah tidur sore bakalan lama tidur malamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, kalau saya seringnya tidak terpengaruh.

      Delete
    2. Memang sih kalau sore itu kadang ngantuk banget. Tapi kalau saya kadang saya tahan. Soalnya kalau tidur sore, ntar pas bangun-bangung hari sudah malam aja.

      Delete
    3. Karena sekarang malamnya jadi lebih panjang hingga 15 jam mungkin agak mengganggu jadwal tidur saya :)

      Delete
  3. salam kunjungan , salam perkenalan mbak Khaira,
    coke itu sejenis minuman cola ya mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam perkenalan juga... iya, minuman bersoda :)

      Delete
  4. Assalamualaikum kak, selamat pagi (WIB), baca cerita diatas seneng deh aku simaknya, dont worry kak, sepertinya itu bukan insomnia ya, semoga dilancarakan untuk segala aktifitasnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, selamat malam (BST).
      Hehe, sepertinya bukan memang. terima kasih :)

      Delete
  5. Aku kalau melek lewat dari jam tidur biasanya jadi susah tidur. Misalnya nih, aku kan biasa tidur jam 8, kalau jam 9 belum tidur juga bakalan melek sampai malam tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kadang-kadang gitu mbak, tp jam tidurnya memang agak kemalaman :)

      Delete
  6. mgkn efek dr adaptasi tempat baru, btw UK itu apa ya? *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Err.. udah lama juga, jd harusnya ga berpengaruh, UK: United Kingdom :)

      Delete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...