Tuesday, December 23, 2014

Karena Mereka Percaya

Mungkin, untuk sebagian orang, melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah hal yang biasa. Namun bagi saya ini adalah pencapaian yang luar biasa. Yang telah ada dalam wujud cita-cita dan saya nyatakan dalam bentuk usaha lebih dari enam tahun lamanya.


Terinspirasi dari Bitcek - adik kandung ibu- yang melanjutkan kuliah di Inggris, saya pun menanam impian yang sama sejak saat itu. Ketika menjalani pendidikan S1, saya selalu mencari informasi mengenai program beasiswa pertukaran mahasiswa/pemuda ke luar negeri. Program pertama yang saya ikuti dan berhasil mencapai tingkat wawancara di Jakarta adalah program Global Ugrad yang diadakan oleh AMINEF. Namun sayang, rezeki saya pada saat itu terhalang doa ibu. Sosok yang turut sibuk mempersiapkan keberangkatan saya ke ibu kota tersebut ternyata belum mengizinkan saya untuk pergi jauh.

Saat itu saya merasa sangat bersalah karena luput memerhatikan satu hal penting: kekuatan doa Sang Ibunda. Setelah memastikan ibu merestui, tahun-tahun selanjutnya saya terus mendaftar pada berbagai program namun belum ada tanda-tanda akan berhasil.

Ketika hampir putus asa dan berniat mengubur mimpi tersebut, suatu hari ayah pulang dengan membawa surat kabar yang di dalamnya terdapat informasi beasiswa dari Pemda Aceh. Atas dorongan orangtua dan doa mereka saya pun mendaftarkan diri. Alhamdulillah, tahap demi tahap saya lalui hingga akhirnya saya menjadi salah satu calon penerima beasiswa. Yang perlu saya lakukan setelahnya adalah mendaftar ke universitas di negara tujuan.

Proses ini pun cukup menguras waktu, pikiran, isi kantong, dan air mata. Conditional Offer Letter dari universitas pilihan saya ditolak oleh pemberi beasiswa karena suatu hal. Saya diminta untuk mendaftar ke universitas yang lainnya. Pada titik ini saya benar-benar sudah tidak menaruh harapan. Namun sekali lagi, doa dan dukungan orangtualah yang membuat saya melanjutkan proses pendaftaran hingga selesai. Orangtualah yang selalu percaya jika saya mampu untuk tidak mengecewakan mereka. Merekalah alasan saya dapat kuliah di University of Salford.

23 comments:

  1. Subhanallah, kisah yang menginspirasi... Saya juga sangat ingin mendapat beasiswa kuliah ke luar negeri, tapi belum punya nyali dan pendongkrak motivasi seperti pemaparan dalam artikel ini... CONGRATULATION

    ReplyDelete
  2. I am in, last minute.. thanks for sharing n inspiring ;)

    ReplyDelete
  3. Subhanallah, semoga kelah bermnafaat ilmu yang dipelajari.
    Wah nanti sudah jarang ngeblog lagi sepertinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin... semoga ga sampe jadi sebulan sekali ya.. :)

      Delete
  4. moga2 ilmu itu memberi manfaat di kemudian hari...aminn

    ReplyDelete
  5. selamat ya kak khaiira sudah berhasil mendapat bea siswa semoga bisa jadi berkah

    ReplyDelete
  6. jd pengen nebeng :)
    hati2 ya kak....
    smg lulus dgn hasil terbaik!

    ReplyDelete
  7. Semoga terus suksess...aamiin
    salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... terima kasih
      salam kenal jg kak :)

      Delete
  8. Cita-cita kami belm tercapai, doakan kami yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin... semoga dimudahkan urusan ya Vin :)

      Delete
  9. Doa orang tua selalu menyertai, salam sukses sealalu mbak, semoga mendapat prestasi terbaik di negeri seberang jauh disana..

    ReplyDelete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...