Saturday, August 1, 2015

International Transaction Made Easy

Saya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi nasabah salah satu bank Indonesia yang tak lama lagi akan berusia 69 tahun: bank BNI.

Credit gambar BNI

Mungkin, melanjutkan pendidikan ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Termasuk saya. Alhamdulillah, saya dapat mewujudkan mimpi tersebut dengan bantuan Pemerintah Aceh sebagai penyedia dana beasiswa. Menjelang akhir tahun lalu saya berangkat ke Inggris, negara yang telah lama menjadi tujuan saya setelah merampungkan segala persiapan yang menguras tenaga dan pikiran berbulan lamanya.

Selain mendaftar ke kampus pilihan, membuat paspor (karena ini kali pertama saya meninggalkan negara tercinta), mengurus visa, dan mencari tempat tinggal, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah membuka rekening bank. Karena dana beasiswa nantinya akan dikirim ke rekening Indonesia, maka saya perlu rekening yang mudah saya urus dari luar negeri. Sebenarnya saya telah memiliki rekening di salah satu bank yang lumayan besar namanya, yang hanya saya gunakan fasilitas tabungan, ATM, dan internet banking-nya saja. Namun setelah membuka website beberapa bank untuk membandingkan fasilitas yang disediakan, mendengar pendapat teman dan kerabat yang pernah tinggal di luar negeri, dan posisi BNI sebagai satu-satunya bank Indonesia yang memiliki cabang di negara tujuan, saya pun memutuskan untuk membuka rekening baru di BNI.

Menjelang dua minggu sebelum keberangkatan, saya mengunjungi kantor cabang BNI yang terletak di kawasan Lueng Bata, Banda Aceh untuk membuka rekening. Saya menjelaskan tujuan pembukaan rekening dan Customer Service-nya menjelaskan dengan detail tentang produk-produk yang dimiliki. Akhirnya saya memutuskan membuka rekening BNI Taplus dan mengambil fasilitas Gold Debit Card sekaligus internet banking. Ini adalah rekening kedua saya di BNI, mengingat kartu mahasiswa saat S1 dulu juga difasilitasi oleh bank ini.

Tak lama kemudian saya perlu melakukan transaksi internasional pertama: membayar deposit untuk booking akomodasi di Inggris. Maka saya pun kembali mengunjungi BNI cabang Lueng Bata dengan membawa data rekening tujuan lengkap dengan sort code, account number, SWIFT code, dan kode-kode lainnya yang saat itu saya tidak tahu apa gunanya. Untung saja pihak BNI dapat menjelaskan dengan sangat baik dan saya pun merasa amat terbantu dengannya.

Cerita berlanjut ketika saya sudah berada di Inggris, tepatnya di Manchester. Tentu saja, sebelum berangkat saya telah menukar rupiah dengan pounsterling di bank yang ada di Aceh. Namun ketika persediaan kas yang saya bawa tersebut mulai menipis, maka saatnya menggunakan kartu debit BNI yang berlogo Master Card. Selain dipengaruhi oleh nilai tukar, transaksi yang saya lakukan juga dikenakan potongan administrasi sebanyak Rp.25.000. Tak apalah, daripada kehabisan kas. Tak lama setelah saya, seorang teman yang juga berasal dari Indonesia dan ingin mengambil pounds dari rekening Indonesianya memasukkan kartu bank ke slot mesin kas. Namun setelah menekan jumlah yang ingin diambil dan menarik kartunya, tidak ada uang yang keluar. Karena cemas ia pun segera bertanya pada pihak bank penyedia ATM dan ternyata yang bermasalah adalah kartunya.  Saat itu saya sangat bersyukur karena telah membuka rekening baru sekaligus mengurus debit card.

Sebulan kemudian waktu yang sangat ditunggu pun tiba. Saat dana beasiswa akhirnya cair, saya meminta bantuan ayah untuk mengirimnya ke rekening di Inggris. Meskipun transaksinya dijamin aman, tak pelak saya merasa was-was karena jumlah yang ditransfer tidaklah sedikit. Tapi ternyata kekhawatiran tersebut tidaklah beralasan karena esok harinya (kalau bukan di hari yang sama, saya lupa) rekening saya  langsung menjadi gendut. Alhamdulillah.

Jadi begitulah ceritanya. Sejak saat itu bank BNI cukup membantu saya dalam segala jenis transaksi internasional yang saya lakukan. Saya pun belum pernah dibuat kecewa olehnya J.


Selamat ulang tahun yang ke 69 bank BNI! Semoga tetap setia melayani negeri dan selalu menjadi kebanggaan bangsa.

8 comments:

  1. Sebenarnya ceritanya menarik,mba.. kurang didalami aja. Good luck ya lombanya.

    ReplyDelete
  2. AssalamuallaikumKak Khaira. maaf nih saya baru sempatkan diri berkunjung ke Blog Kakak. wah selamat mendapat kesempatan pergi Inggris ya Kak. saya turut gembira saja. salam silaturrahim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. hehe.. terima kasih udah berkunjung lagi :)

      Delete
  3. Dijaga baik-baik kak kartu ATM sama buku bank, jangan kayak Isni lupa naruh dimana. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... baik kali pun dijaganya dek, sampe ga ingat lagi :D

      Delete
  4. Waaaaah...ternyata Khaira ikut lomba juga. Good luck ya Khairaaaaaa
    Blognya udah cakeuup banget nih yeeee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya kak. thank you... akhirnya juga beralih ke putih, haha

      Delete

Thanks for stopping by ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...