Thursday, August 13, 2015

Summer Day Out in Greater Manchester

Assalamu'alaikum ^_^ Apa kabar semuanya? In shaa Allah aman kan?

Kalau di akhir tahun lalu saya sering (baca: pernah) cerita tentang Castle Irwell, akomodasi kampus yang lingkungannya asri Subhanallah, maka sejak akhir Juni lalu tempat itu tinggal kenangan. Saya sekarang nge-kost di Rusholme yang bisa dicapai dengan dua kali naik bus dari Salford. Agar lebih hemat, saya lebih sering beli bus pass mingguan untuk transportasi ke kampus atau British Heart Foundation Salford, tempat saya jadi volunteer. Harga tiket bus untuk sehari adalah 4.10 pounds atau 4.20 pounds, tergantung provider. Nah, kalau kira-kira perlu keluar minimal tiga kali seminggu, saya lebih memilih beli systemone weekly yang hanya 13.10 pounds untuk tujuh hari, bisa naik bus apa saja di Greater Manchester.

Bus pass yang berlaku mulai 09 Agustus hingga 15 Agustus minggu ini sudah terpakai tiga hari. Minggu saya pergi ke Ashton-Under-Lyne, jalan-jalan ke outdoor market dan akhirnya beli novel A Game of Thrones satu bundel. Selasa saya volunteering di BHF Salford. Nah yang terakhir hari ini, saya naik bus randomly tanpa ada tujuan yang jelas. Memang malam sebelumnya saya sudah membuat daftar tempat yang ingin saya kunjungi, baik di Wigan, Oldham, Rochdale, Bolton, ataupun Bury, tapi semuanya tanpa itinerary yang jelas. Intinya saya mau keluar aja, hop on-hop off, jalan-jalan keliling GM :D
View from a double-decker in South Cemetery

Jadi tadi pagi sekitar pukul sepuluh lewat sedikit saya keluar rumah memanggul ransel yang berisikan mukena, snacks, air minum, novel, dan notes. Seperti biasa saya menunggu bus di halte dekat kost. Jika sebelumnya saya selalu naik bus yang arah ke Piccadilly Garden, tadi sengaja naik yang arah berlawanan, ke South Cemetery. Berhubung rutenya melewati perumahan, tidak banyak yang bisa dilihat kecuali bebungaan di halaman rumah orang. Akhirnya saya turun di last stop lalu naik bus lagi dengan tujuan Ashton-Under-Lyne. Ternyata bus kedua ini juga melalui perumahan dan sekitar satu jam kemudian baru tiba di terminal Ashton.

Ketika bus yang saya tumpangi sedang unloading penumpang, di stand lainnya ada bus dengan tujuan Rochdale via Oldham sedang loading. Saya bergegas naik bus tersebut. Pemandangan kali ini sudah lumayan bagus, ada padang rumput lengkap dengan kuda dan ladang yang sedang dipanen. Tak lama kemudian bus tiba di terminal Oldham. Saya turun dan naik bus lagi jalan ke town centre

Pfff... Udah kepingin close tab nggak? Haha. Baiknya saya post foto aja. Kebetulan banyak foto bunga kali ini, karena di Oldham sedang ada event 'Golden Flower Hunt' yang menjelaskan kenapa saya akhirnya jalan ke town centre, bukannya langsung naik bus lagi :D

Setelah puas foto-foto di Oldham saya kembali ke rutinitas naik bus. Kali ini ke Rochdale. Namun karena sudah masuk waktu dhuhur dan saya belum tau mau shalat di mana, saya memutuskan untuk langsung lanjut ke Bury. Tapi sebelumnya sempat foto satu gedung bagus di sisi Rochdale Interchange:

Tujuan selanjutnya adalah Bury. Perjalanan dari Rochdale memakan waktu sekitar 40 menit karena saya naik bus yang rutenya memutar. Tapi pemandangan di kiri-kanan jalan lumayan bagus dengan adanya bebukitan dan kincir angin, jadi tidak terlalu bermasalah. Sebenarnya tujuan utama saya ke kota ini untuk beli ikan. Iya, hampir setahun tinggal di UK baru kali ini saya beli ikan segar. Lagipula Bury Market terkenal di Inggris sebagai pasar terbaik tahun 2015. Sekalian wisata jadinya,

Tapi sebelum belanja saya perlu shalat dulu. Memanfaatkan fasilitas wi-fi bus, saya sudah browsing mesjid yang paling dekat dengan Bury Market saat di perjalanan. Begitu turun dari bus saya segera mengikuti arah yang ditunjukkan oleh Google Maps, sambil sesekali berhenti untuk foto bunga. Malangnya, ketika tiba di titik yang ditunjukkan peta, saya tidak menemukan masjid di sana. Yang ada malah lapangan parkir. Saat itu sudah pukul 3. Waktu dhuhur tinggal dua setengah jam lagi. Takutnya sudah keburu masuk waktu asar kalau saya memutuskan jalan-jalan ke shopping centre dan pasarnya dulu, lalu naik bus kembali ke Manchester. Alhamdulillah, ketika masih mengutak-atik hape minta pertanggungjawaban si Mbah. saya kemudian berjumpa dengan seorang sister asal Denmark yang bersedia mengantar hingga ke mesjid. Alhamdulillah, masjidnya bagus, besar, dan juga bersih.

Khizra Mosque, Bury

Akhirnya tibalah pada acara yang ditunggu-tunggu: jalan-jalan ke pasar untuk beli ikan. Saya tidak punya keahlian sedikitpun di bidang perikanan. Saya tidak tau mana yang lebih enak: trout atau bass (itu nama ikannya saya kenal di game Farmville). Setelah mengitari beberapa stalls sambil kebingungan, pilihan saya jatuh pada rainbow trout. Alasannya simple, itu yang paling murah (finance student, noted :D)

Dengan menenteng kantung plastik berisi ikan saya kembali hunting foto bunga. Ada beberapa spot yang bagus yang saya temui saat dikelabui Google Maps dalam rangka mencari masjid. Saya kembali ke sana untuk ambil beberapa foto, di antaranya:

Jarum jam sudah menunjukkan angka lima saat saya berbalik arah ke Bury Interchange dan naik bus kembali ke Manchester. Butuh waktu satu jam lebih untuk sampai ke Piccadilly Garden. Selama di bus saya mati-matian menahan kantuk, sampai lupa berapa kali kepala terantuk pinggiran sandaran bangku yang terbuat dari logam. Hari yang melelahkan namun juga menyenangkan. I had a great time. Wanna go on a trip like this again next time :)

Terima kasih sudah berkunjung ^^

Assalamu'alaikum.

1. Masya Allah, cantik-cantik sekali ya Khaira

2. Cantik-cantik bunganya ˆ_ˆ

Salam kenal ya Mak, yuk berkunjung juga ke blogku http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma

3. cantik2 belaka. boleh simpan gambar ni dan buat postcard kelak ;-)

4. salam perkenalan. singgah sini & follow

5. Wah keren sekali mbak pemandangannya. Tapi yg terkeren jelas Masjid Khizra..
    btw kunjungan perdana mbak, salam kenal ya :-)
    kalau ada waktu mampir dong ke blog ane..

1. salam kenal juga mas... terima kasih sudah berkunjung :)