Thursday, November 5, 2015

A Short Escape to Avenham Park, Preston

(This post contains many images of Avenham Park in autumnal colours)
Assalamu'alaikum semuanya :)


Seperti yang telah diprediksi, tidak ada postingan bulan lalu, dan bulan sebelumnya pun yang ada picture-based posts. Well, I'm not totally back, honestly :D

Penyebabnya adalah selama tiga bulan sejak September lalu hingga November ini, saya sedang dalam proses menyelesaikan module terakhir yaitu Business Innovation Project, saya ambil jalur dissertation (Master's dissertation, not Ph.D one :D), yang artinya kegiatan menulis saya selama beberapa bulan ini -harusnya- terfokus pada penelitian untuk disertasi, biar selesai kuliah dan dapat gelar MSc. (walaupun seharusnya saya tidak boleh meng-kambinghitam-kan si disertasi ya... haha).

Okay, that's not the point. 

Karena seperti kita semua tau, proses penulisan skripsi, tesis, ataupun disertasi itu tidak selalu bisa dinikmati layaknya nonton drama Jepang, I decided that I needed a short break. Beberapa waktu sebelumnya saya juga udah nyuri-nyuri break setiap menyelesaikan satu chapter, dengan cara hunting autumn leaves di taman-taman dekat rumah. Tapi kali ini break-nya saya ambil yang agak jauh, ke Preston. Kota kecil yang terletak di County Lancashire yang dapat dicapai kurang lebih satu jam perjalanan dengan kereta api dari Manchester.

Apa yang membuat saya memilih Preston? Ada beberapa alasan seperti berikut:

  1. Belum pernah saya kunjungi
  2. Jaraknya relatif dekat, sehingga saya bisa ambil return ticket on the same day, nggak perlu nginap.
  3. Karena di Preston ada satu park yang cukup luas dan di dalamnya ada Japanese Garden, haha. Ini adalah main reason saya tentunya.
(Tiba-tiba kok jadi mirip cara tulis research objectives? Pake numbering gitu...)

Tentu saja, tujuan utama saya adalah Avenham Park, si taman tersebut, masih dalam rangka viewing the autumnal tints

Meskipun saat keluar rumah jam setengah sembilan pagi cuaca sangat dingin dengan jarak pandang terbatas akibat kabut (bukan kabut asap), cuaca di Preston sangat cerah untuk ukuran autumn. Alhamdulillah...

Sekarang saatnya berbagi foto...













Yang ini Japanese garden-nya:



Seperti biasa jika melakukan one day travel, saya hampir selalu bawa bekal dari rumah. Selain untuk berhemat juga biar nggak repot-repot nyari makanan halal. Siang itu saya menyantap makan siang dengan pemandangan seperti ini:


Saatnya shalat. Seperti halnya bekal, sebelum pergi saya terbiasa browsing masjid/quiet room di kota yang ingin saya kunjungi. Preston juga punya satu masjid yang rating-nya sangat bagus di google review. Saya pun mengunjungi masjid tersebut yang terletak kurang dari satu mil dari Avenham Park. Tapi ternyata masjid tersebut tidak mempunyai space untuk wanita (banyak masjid di sini yang tidak menyediakan ruangan shalat untuk wanita, terutama yang terletak di tengah-tengah pemukiman Muslim asal Asia timur). Setelah sempat bingung karena waktu dhuhur hampir habis, saya bertemu seorang brother dan ditawari untuk shalat di rumahnya, setelah ia pastikan istrinya ada di rumah. Begitulah, saya berjumpa saudari seiman baru bernama Khadijah yang mengizinkan saya menumpang shalat dhuhur dan ashar di rumahnya, sekaligus membekali saya dengan makanan saat akan melanjutkan perjalanan. Alhamdulillah... Ini masjidnya:


Waktunya kembali ke stasiun. Saya mengambil rute yang melewati city centre dan kembali mengambil beberapa gambar:




Saatnya kembali ke Manchester!


Thank you for reading. Semoga saya bisa tergerak untuk menulis lagi dalam waktu dekat, haha.

Wassalamu'alaikum.

6 comments:

  1. sangat2 cantikkkkkkkkkkkkkkkkkkk..... saya suka gambar2 mcm ni sbb boleh buat postcard..... tak berhajat utk ke utara england ke? sy dgr kat sana pun banyak tempat2 yang cantik macam dalam gambar ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kak Anies... Iya cantik2 scenery-nya 😊
      Tapi tak pergi lagi lah, dah pergi masa cuti summer bulan lepas 😃

      Delete
  2. waww..kak Hisan is always the best one who I knew.. tulisannya menginspirasi kk.. jdi pingin sambng kuliah lagiii hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dek... Sambung lagi, hehe.
      Alhamdulillah kalau ada manfaatnya 😊

      Delete
  3. Fotonya bikin ngiler mbak :-O mantappp...

    ReplyDelete

Thanks for calling at ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...